Selasa, 12 Juli 2011

Dong Yi episode 41

Episode 41 dibuka dengan pengulangan episode 1,

Ketika Jang Ik Hyeon dibunuh saat sedang memancing dan Dong yi kecil menemkan-nya yang hampir meninggal dan berlari mencari bantuan, ternyata dalangnya adalah Oh Tae Seok dari partai Namin,

sampai Choi Hyo Won dan Choi Dong Joo di jebak dan difitnah sebagai pembunuh ayah Seo Yong Gi. Dong yi kecil yang melihat Jang Ok Jung memberikan isyarat tangan ke seseorang, Dong yi dan Do Ra lari sebagai buronan dan Do Ra menangis karena merindukan ayahnya.

Beberapa tahun kemudian, Gae Do Ra membangkitkan kembali Geumgae, Cha Cheon soo berkata itu benar Geumgae. Lalu pengulangan pembunuhan berantai di kalangan bangsawan/Yanban. Dong yi melihat pembunuhan pejabat hwalinseo. Cha Cheon Soo bertemu pemimpin Geumgae dan berkata kalau Yang Mulia Sukwon adalah Dong yi. Gae Do Ra terperanjat, ia tidak tahu itu, ia sidah mengirim pembunuh untuk menghabisi Dong Yi.

Narasi : Dong Yi kecil menyaksikan pembunuhan Jang Ik Heon dan tanpa sadar lalu terseret dalam intrik politik yang mengubah keseluruhan hidupnya. Setelah tahu kalau Seo Yong gi akan menyalahkan Geumgae atas pembunuhan berantai, Dong Yi menemukan bukti penting dan memberikannya pada Seo Yong Gi. Tapi partai Namin menutupi kesalahan Oh Tae Seok dan menyalahkan Choi Hyo Won dan Choi Dong Joo. Lalu Ayah, kakak Dong Yi dan juga semua anggota Geumgae dihabisi.

Dong Yi demi membersihkan nama baik ayah dan kakaknya pergi mencari gungnyeo yang memperlihatkan isyarat tangan yang sama dengan mendiang Jang Ik heon, Jang Ok Jung. Waktu berlalu, teman kecil Choi Dong yi, Gae Do Ra yang menjadi pemimpin baru Geumgae menuntut balas dan mulai membunuh kaum Yanban, balas dendam Gae Do Ra ini mendorong Dong Yi ke sudut penderitaan.

Episode 41

Dong yi terperanjat mendapati dua pembunuh di kamarnya, Siapa kalian?
Pembunuh 1 : Apakah kau selir dari istana yang mendapat perhatian Raja?
Dong yi melihat lambang geumgae di kepala mereka.

Dong yi : Kalian...
Pembunuh itu bersiap mengayunkan pedangnya..
Dong yi : Apa kalian benar-benar anggota Geumgae?
Keduanya kaget sekali

Dong yi : Lambang itu, itu lambang Geumgae, tolong katakan padaku, apa lambang itu menyatakan kalau kalian benar anggota Geumgae?

Pembunuh 1 : Apa? apa katamu bagaimana kau bisa tahu tentang Geumgae?
Dong yi duduk bersandar.
Pembunuh 2 ingin segera membunuh Dong yi tapi rekannya berkata wanita ini tahu tentang Geumgae, lalu mengarahkan pedang ke leher Dong yi, Bicara! bagaimana kau bisa tahu tentang Geumgae? Bagaimana kau tahu kami dari Geumgae?

Petugas Min sedang patroli dan mendapat laporan kalau kediaman Dong yi diserang. Mereka segera menuju rumah itu dan curiga.

Sementara itu, pembunuh 1 ingin tahu, bagaimana bisa sampai anggota keputren/selir tahu tentang Geumgae, apa yang sudah diketahui pemerintah mengenai mereka, ayo jawab! Pembunuh 2 berkata kita sudah membuang waktu, cepat bunuh dia, lalu akan mengayunkan pedang ke arah Dong yi.

Dong yi teriak : Ayahku Choi Hyo Won adalah pendiri Geumgae!
Pembunuh 1 : Apa?
Dong Yi : Choi .. Hyo Won mendirikan Geumgae, pendiri dan pemimpin Geumgae adalah mendiang ayahku.

Pembunuh itu terperanjat dan merasa ini cuma alasan saja untuk bertahan hidup. Dong Yi meyakinkan mereka, ini bukan bohong, tapi dulu ayahnya mendirikan Geumgae bukan untuk melakukan pembunuhan, tapi kalian melakukannya, mengapa kalian melakukan pembantaian, hentikan semuanya.

Pembunuh 2 : tutup mulutmu! kau anggota keluarga Raja, bagaimana bisa mengaku kalau kau putri Choi Hyo Won, apa kau pikir kami akan terkecoh?

Pembunuh 2 akan segera mengayunkan pedang tapi rekannya menghentikannya. Pembunuh 1 tanya, yang kau katakan itu, apa benar kau putri Choi Hyo won? Lalu ada anggota Geumgae lainnya yang masuk dan berkata ada pasukan menuju kesini, membuat semua terkejut.

Petugas Min lari ke kediaman Dong yi dan menyadari kalau kediaman ini sudah diserang. Min menyuruh anak buahnya untuk memeriksa lokasi sekitar. Min masuk ke kamar Dong Yi tapi tidak menemukan Dong Yi, apa yang sebenarnya terjadi?

Gae Do Ra datang dengan berlari, bertemu dengan anak buahnya yang juga melarikan diri, apa yang terjadi, mengapa anda ke sini? Gae Do Ra langsung tanya tentang Dong Yi, Sukwon? Bagaimana dengan Sukwon yang ada di kediaman itu, apa yang terjadi? Anak buahnya terlihat malu karena gagal.

Sekitar kediaman Dong Yi ada noda darah, anak buah Min lari dan lapor, mereka tidak menemukan keberadaan Dong yi. Min langsung memerintah mereka untuk mengerahkan lebih banyak pasukan untuk mencari Sukwon segera dan melaporkan insiden ini ke istana.

Dong Yi datang, jika kau datang mencariku, tidak perlu melakukan itu.

Petugas Min terkejut dan memberi hormat, Yang Mulia?
Dong Yi melihat ke arah Min dan pasukannya, siapa kalian? Beraninya kalian masuk tanpa ijin dan mengamati tempat ini.
Petugas Min minta maaf pada Dong yi.

Anggota Geumgae lapor mereka gagal membunuh Dong yi, Gae Do Ra tanya, apa benar? Anak buahnya berkata wanita itu mengatakan hal yang aneh, dia berkata kalau dia adalah putri Choi Hyo Won, dan ketika dia dengar ada tentara, dia membantu kami melarikan diri dengan cepat.
Anak buahnya yang lain berkata, saat itu kami sangat terkejut dan kami jatuh ke perangkap wanita itu, bagaimana mungkin selir Raja adalah putri Choi Hyo Won.
Gae Do Ra berkata, itu benar, Sukwon adalah Choi Dong yi, putri Choi Hyo Won. Anak buahnya sangat terkejut.

Dong yi melihat seragam Min dan tahu dia adalah pasukan Hanseong administratif, Min membenarkan, ia sedang melakukan patroli dan menerima laporan ada penyusup yang mencurigakan di sekitar tempat ini, jadi kami memutuskan untuk menyelidiki. Apa Yang Mulia baik-baik saja?

Dong yi pura2 tidak terjadi apa-apa dan ia baik2 saja. Min tanya apa Yang Mulia menyadari ada yang aneh di sekitar sini. Dong yi pura-pura tanya : Penyusup yang mencurigakan?

Cha Cheon Soo datang dengan berlari dan memanggil Dong yi. Dong yi memberi salam dengan tenang. Cha Cheon Soo menyadari kehadiran pasukan Hanseong. Dong yi pura-pura tidak terjadi apa-apa.

Dong yi dan Cha Cheon Soo masuk ke dalam dan Cha Cheon Soo langsung tanya apa Dong yi baik2 saja. Dong Yi bernafas lega, ia berkata kalau Geumgae sudah datang di tempat ini. Cha Cheon soo membenarkan, ia sudah tahu itu, maka ia lari secepat mungkin kesini. Dong yi terkejut, kau tahu, bagaimana kau bisa tahu?
Cha Cheon Soo diam saja dan tampak ragu.
Dong Yi : Orrabuni?

Cha Cheon Soo : Aku sudah bertemu dengan pemimpin Geumgae
Dong Yi : Kau sudah bertemu dengannya, siapa dia? siapa sebenarnya orang itu dan mengapa dia harus melakukan itu. Orrabuni!
Cha Cheon Soo : Yang Mulia, apa anda ingat Gae Do Ra? teman masa kecil Yang Mulia, Gae Do Ra?

Dong Yi : Gae Do Ra? ya aku ingat, tentu saja aku ingat dia, tapi mengapa tiba-tiba menyebutnya..
Lalu Dong Yi sadar, Orrabuni! apa mungkin..

Cha Cheon soo diam saja dan itu membenarkan pertanyaan Dong Yi.
Cha Cheon Soo : Dia adalah anak itu, Yang Mulia..Gae Do Ra adalah pemimpin Geumgae yang baru.
Dong Yi terperangah.

Gae Do Ra kembali ke persembunyian-nya dan terlihat sedikit terpukul, ia ingat dan tidak bisa percaya kata-kata Cha Cheon soo kalau Sukwon yang sekarang adalah Dong yi. Gae do Ra merenung, Dong yi sekarang selir Raja. Lalu ia ingat ketika masih kecil dan menangis dan berkata pada Dong yi kalau ia kangen ayahnya. Dan keduanya melihat bintang di langit dan berharap ayah mereka bisa melambai pada keduanya.

Dong yi juga mengingat hal yang sama, dan ia menangis, Do Ra..

Cha Cheon Soo memperketat penjagaan di kediaman Dong yi. Cha Cheon Soo berkata pada Pejabat Min kalau mereka hanya pencuri dan mereka pasti melihat kediaman ini tidak dijaga jadi mereka mencoba menyusup. Cha Cheon Soo berkata, tapi syukurlah Sukwon tidak apa-apa, jadi anda bisa menarik pasukan dari sini.

Tapi Petugas Min berkata kejadian itu bukan terjadi di sembarang tempat, tapi di kediaman Sukwon, sepertinya tidak benar jika tidak melapor kepada Baginda. Cha Cheon soo berkata Sukwon takut insiden ini membuat gelisah Baginda, jadi pasukan Hanseong tidak perlu mencampuri ini. Cha Cheon Soo mengingatkan kalau keselamatan Sukwon adalah tanggung jawab Nae Geum Bu, Cha Cheon Soo akan lapor pada Seo Yong Gi dan mengurus masalah ini, jadi tolong jangan membantah lagi.

Petugas Min mengerti dan meninggalkan kediaman Dong yi, tapi ia masih merasa aneh, pasti ada yang tidak beres, mengapa insiden seperti ini dibiarkan saja oleh Cha Cheon Soo.

Cha Cheon Soo menemui Dong yi, Yang Mulia?
Dong Yi : Aku harus bertemu dengannya..Gae Do Ra, Orrabuni.

Di biro internal, Jung Im mengumpulkan buku-buku yang diminta Dong yi dan menyerahkan pada Ae Jung. Jeong Sang Gung heran, mengapa Dong yi minta kalian membawakan buku2 ini. Ae Jung berkata bukan sembarang buku, tapi harus Yuk Gyeol (buku musik klasik) dan di malam seperti ini, mana ada toko buku yang buka. Jung Im heran, apa tujuannya minta dicarikan buku2 ini.

Bong Sang gung tampak kesal, jika mereka ingin tahu maka harus dia dulu yang tahu. Akhir-akhir ini ada banyak rahasia dengan Dong yi, lalu bagaimana aku bisa disebut Jimil Sang gung (dayang kepala setiap kediaman, biasanya yang paling tahu soal boss-nya, tapi tidak dengan Dong yi), Bong Sang Gung mengeluh karena ia tidak tahu apa-apa mengenai apa yang dilakukan Dong Yi.

Jung Im juga heran, apa yang sebenarnya terjadi mengapa kita juga tidak tahu apa-apa.

Seol Hee minta anak buahnya menutup Gibangnya, dan jangan biarkan sembarang orang masuk. Pelayan-nya mengerti. Dong Yi akan bertemu Gae Do Ra di Gibang milik Seol Hee. Cha Cheon Soo membawa Gae Do Ra yang mengenakan topi mendatangi Gibang Seol Hee.

Ini tempatnya kata Cha Cheon soo. Gae Do Ra melepas topinya.
(dan aku berimajinasi kalau Gae Do Ra membuka topinya yang muncul wajahnya ini...)

tarra...hahaha
surprise........
intermesso dikit ya..cocok soalnya karakter Gae Do Ra buat boss Kim haha
Dong yi menunggu dengan gugup di dalam. Cha Cheon soo memanggil Dong Yi, Yang Mulia?
Cha Cheon soo membuka pintu dan masuk diikuti Gae Do Ra. Dong yi terlihat sangat gembira melihat Do Ra. Gae Do Ra?

Dong yi berdiri dan tidak percaya, sedang Gae Do Ra juga bengong dan tidak bisa bicara. Dong yi mendekati Gae Do Ra, apa ini benar kau? teman masa kecilku, Gae do Ra, apa ini benar-benar kau?
Cha Cheon soo keluar.

Gae Do Ra : Dong yi?
Dong Yi hanya menangis dan menggenggam tangan Gae Do Ra. Keduanya terlihat sangat senang.

Cha Cheon Soo mendekati Seol Hee dan berkata Dong yi sekarang bertemu Gae do Ra. Seol Hee menghela nafas, Gae Do Ra sekarang adalah pemimpin Geumgae, bagaimana dia dengan status itu bertemu dengan Dong Yi yang sekarang berstatus Sukwon, dengan cara seperti ini. Keduanya hanya bisa menghela nafas.

Seol Hee menyesal, ini salahku, aku tidak bisa mengendalikan Gae Do Ra, ketika anak itu ingin pergi, aku seharusnya menghentikannya. (Dulu, Gae Do Ra kecil dibawa Seol Hee, seharusnya bersama Dong Yi tapi Dong Yi memilih bersama Hwang Ju shik dan masuk ke istana)

Kedua sahabat itu hanya bisa saling melihat satu sama lain. Sunyi.

Do Ra masih tidak bisa percaya kalau Dong Yi sekarang adalah selir Raja, aku benar2 gila, aku seharusnya tidak melakukan sesuatu yang bodoh, sekarang aku harus memanggilmu Yang Mulia.

Dong Yi : Tidak jangan seperti itu Do Ra, aku masih Dong yi, teman masa kecilmu, aku benar2 tidak bisa mengenalimu, kapan kau tumbuh menjadi pria seperti ini. Jika kita bertemu di jalan, ada kemungkinan aku tidak akan mengenalimu, tidak..kapanpun jika aku dengar namamu, aku pikir aku bisa mengenalimu. Ini karena nama Gae Do Ra, pasti hanya kau yang memilikinya, bukankah ayahmu ingin kau punya umur panjang dan minta penjaga akhirat memberimu nama itu?

Do Ra : Ya benar. Aku minta maaf Dong yi, meskipun aku mendengar kalau Sukwon berasal dari kalangan Cheonmin tapi aku tidak pernah membayangkan kalau itu adalah kau, jika aku tahu sebelumnya, aku pasti tidak akan.pasti ..

Dong Yi : Jangan seperti ini, kumohon Do Ra, ini bukan salahmu.
Do Ra : Dong Yi?

Dong Yi : Jangan bicara yang lain, ada yang harus kutanyakan, mengapa kau melakukan ini, mengapa kau mendirikan Geumgae lagi?

Do Ra : Masalah itu, lebih baik kita tidak membicarakan-nya, Dong yi. Meskipun kau sekarang adalah selir Raja, tapi bagiku kau tetap teman kecilku, jadi aku tidak ingin membahas masalah itu denganmu.
Dong Yi : Gae Do Ra?

Dong yi bisa merasakan dendam Gae Do Ra (kayanya cocok kalau yang jadi KNG ya hehe, apalagi pake topi itu, mirip topinya Bi Dam tinggal dicat item aja, gaya balas dendamnya juga pas, coba yg jadi KNG, aku pengen KNG main drama dengan Han Hyo Jo hehehe) Gae Do Ra lalu pergi setelah bertemu Dong Yi.

Cha Cheon soo memanggilnya, Gae Do Ra berkata ia tahu apa yang ingin dikatakan Cha Cheon soo dan Dong Yi, tapi percuma saja, karena aku tidak punya alasan untuk mundur dan menghentikan apa yang kulakukan, aku tidak bisa kembali lagi. Lebih baik bagiku kalau tidak bertemu Dong yi atau kakak lagi.

Cha Cheon soo masih mencoba meyakinkan Do Ra, bukan niat Choi Hyo won menjadikan Geumgae untuk pembalasan dendam. Gae Do Ra berkata : bukan, Choi Hyo won, Cha Cheon soo, dan juga ayahnya sendiri sudah salah selama ini.

Gae Do Ra : kami tetap memegang teguh prinsip itu, apa yang kami dapatkan, kami dibantai oleh mereka yang disebut kaum Yanban, aku melihat sendiri pembunuhan seluruh keluargaku, di depan mataku, aku melihat ayahku dibunuh.

Waktu itu Gae Do Ra bersembunyi, dan ia menyaksikan pembantaian keluarganya oleh tentara dan ayahnya dalam nafas terakhirnya memberi isyarat pada Do R agar tidak keluar dari persembunyian-nya.

Gae Do Ra : Di depan mataku, aku kehilangan ayahku dan juga semua yang bersembunyi dengan ayahku, semua dibantai pasukan, semua pembantaian itu, kusaksikan dengan mataku sendiri. Cha Cheon soo menghela nafas.

Gae Do Ra : Apa kesalahan yang diperbuat ayahku, dan ketika Geumgae mati, apa sebenarnya kesalahan-nya sehingga berakhir demikian? kapan..akan tiba hari ketika kami bisa hidup seperti manusia karena selama ini kami hidup seperti binatang dan sepanjang hidup kami harus menanggung prasangka dari golongan lain, padahal kami hanya ingin bertahan hidup tapi justru mendapatkan tuduhan tidak adil dan mati sia-sia, kesalahan kami hanya karena kami dari kelas Cheonmin.

Gae Do Ra : aku harus membalas mata untuk mata dan gigi untuk gigi, agar kelas Yanban merasakan penderitaan yang sama, dengan itu, arwah penasaran mereka bisa tenang.

Cha Cheon soo mencoba menjelaskan ia mengerti sakit hati Gae Do Ra, dan ia juga sama, sangat ingin membunuh mereka tapi mereka hanya kalangan Yanban yang juga tidak bersalah. Yanban atau Cheonmin. tidak seorang pun pantas mati dengan sia-sia. Cha Cheon soo mengingatkan Gae Do Ra bahwa Geumgae ada karena mereka harus melindungi kaum Cheonmin agar bisa bertahan hidup, tapi bukan dibentuk sebagai mesin pembunuh.

Geumgae hanya memberikan perlindungan untuk kaum Cheonmin yang tidak punya siapapun untuk melindungi mereka, tapi kau membuat Geumgae sebagai mesin pembunuh dan mengikuti cara2 Yanban, lalu saat ini, kau bukan lagi Geumgae tapi kriminal.

Gae Do Ra pergi, Dong yi lari menyusulnya, Gae Do Ra!

Gae Do Ra berbalik, Jika kalian berdua ingin menghukum mati diriku dan menyerahkan aku maka aku tidak keberatan sama sekali, lakukan saja. Bagaimanapun aku sudah menyadari suatu hari pasti ini akan terjadi.

Dong Yi : Apa kau pikir aku akan melakukan itu? apa kau pikir Orrabuni akan melakukanny?

Dong Yi : Aku mohon padamu, Gae Do Ra, jangan melukai yang tidak bersalah. penjahat yang kita inginkan bukan mereka, dalang semuanya ini dan siapa yang menyebabkan kematian Geumgae di masa lalu, itu adalah orang2 yang harus kita cari. Orrabuni dan aku sedang mencarinya, jadi kumohon sabarlah, tunggulah sebentar lagi, tapi sebelum kami menemukan orang2 itu yang sudah bertanggung jawab atas insiden itu. Kumohon Do Ra hentikan pembunuhan ini.

Gae Do Ra pergi. Dong yi tidak bisa meyakinkan sahabatnya itu. Gae Do Ra memacu kudanya kembali ke markas Geumgae sambil menangis. (bisa ngga ya kuganti videonya dan kutempel kepala KNG di situ hehe, soalnya Do Ra ini pas buat KNG)

Bong Sang gung menunggu Dong Yi dan ia kembali bersama Cha Cheon Soo. Bong Sang gung tanya dari mana Dong Yi tapi Dong yi tidak menjawabnya dan balik tanya apa kalian membawa buku yang kuminta? Bong Sang gung mengiyakan. Dong Yi lalu minta Shim Yun Taek dipanggil. Ae Jung lalu pergi.

Dong Yi lalu sibuk membaca buku itu dan berkata pada Cha Cheon Soo kalau ia harus menemukan arti dibalik isyarat tangan itu dan juga minta agar mencari Do Ra, dan mencegahnya melakukan pembunuhan lagi.

Cha Cheon Soo berkata sulit untuk menyembunyikan ini. Dong yi tahu itu, masa lalunya akan terungkap dengan insiden ini, Gae Do Ra membangun kembali Geumgae, dan ia harus mencari kebenarannya, sekarang aku tidak bisa lagi menyembunyikan identitasku yang sebenarnya atau menghindari ini lagi. Kita harus mencari kebenaran dan siapa yang memaksa ayah dan Geumgae menemui kematian itu dan siapa sebenarnya orang itu.

Di markas Geumgae, Pembunuh 1 menemui Gae Do Ra dan tanya benarkan Sukwon adalah Choi Dong yi, putri mendiang Choi Hyo Won, dan sekarang apa yang harus kita lakukan? Bagaimana jika nanti kita ketahuan. Gae Do Ra diam saja.

Dong yi meremas ikat kepala Geumgae dan berpikir.

Jang Mu Yeol menemui kasim Han, dan Kasim Han minta Jang mu yeol segera masuk, Baginda menunggu Tuan. Sukjong merenungkan petisi Jang Mu Yeol bersama Do Seong ji. Jang Mu Yeol masuk, apa ini permintaan-mu? Jang Mu Yeol membenarkan, Benar Yang Mulia.

Ny. Yoon menemui Jang Hee bin dan merasa cemas, apa Baginda akan mengabulkan permintaan Jang Mu Yeol. Ny. Yoon merasa mereka mempertaruhkan semuanya dan jika ada satu saja kesalahan dan keputusan salah akan membuat mereka hancur.

Sukjong tanya : Anggota Namin yang dibuang sudah setuju untuk menyumbangkan kekayaan dan harta mereka untuk pengungsi yang kelaparan di ibukota? Jang Mu Yeol membenarkan, itu benar Yang Mulia termasuk Jang Hee Jae dan mereka yang ada dalam pembuangan.

Jang Mu yeol berkata sebenarnya ia sudah merenungkan masalah ini lama sekali dan juga ragu-ragu dalam mengajukannya, karena mereka dibuang karena kejahatan-nya dan lagipula mereka satu partai dengan-nya, sehingga dia bisa dituduh bekerja sama dengan mereka. Tapi itu saya laporkan apa adanya Yang Mulia, tanpa prasangka jadi saya akhirnya mengajukan petisi ini.

Jang Mu yeol meninggalkan Daejeon. Do Seong ji berkata kalau Jang Mu Yeol adalah pria yang jujur dan baik, jadi petisi itu sudah dipertimbangkan dengan adil. Sukjong ragu, petisi ini sangat mendadak.

Do Seong ji berkata kekayaan Jang Hee Jae di ketiga propinsi akan diambil, dan juga keadaan ibukota sangat gawat sehingga kita perlu pejabat yang berpengalaman dalam mengatasi ini, Baginda.

Oh Tae Pung dan keluarganya sangat berharap untuk diijinkan kembali ke Doseong, tapi harus kecewa ketika belum juga tiba saatnya.

Ratu Inhyeon mendengar tentang kepulangan anggota Namin. Jung in Guk membenarkan, tapi mereka sudah menyumbangkan semua kekayaan mereka sebagai gantinya, sepertinya mereka sudah menyusun rencana ini sejak awal.

Ahn Sang Gung lalu tanya, apa yang akan kita lakukan Yang Mulia. Ratu Inhyeon merasa Doseong sedang dalam masalah dan partai Namin bisa menggunakan itu sebagai alasan untuk kembali ke Doseong. Ratu Inhyeon merasa cemas.

Sukjong merenungkan petisi Jang Mu Yeol.

Shim Yun Taek menghadap Dong Yi. Shim Yun Taek dipersilahkan masuk dan tercengang melihat meja Dong yi yang penuh buku, buku apa ini Yang Mulia?

Dong yi menjawab ini buku 6 Klasik, ada kemungkinan arti isyarat itu ada dalam buku2 itu. Shim Yun Taek heran.

Cha Cheon Soo kembali ke Nae Geum Bu untuk menemui Seo Yong Gi.

Dong Yi berkata pada Shim Yun Taek kalau buku 6 Klasik, yaitu Perubahan Klasik, Puisi Klasik, Ritual Klasik, Sejarah Klasik, Kalender Musim Semi dan Gugur, dan Musik Klasik adalah buku2 yang sangat penting untuk partai Namin. Ini alasan mengapa Dong yi mencari jawaban diantara buku2 ini.

Shim yun Taek berkata kalau ke 64 kombinasi ramalan I Ching bisa digunakan sebagai kode rahasia, apa itu maksud Yang Mulia. Dong yi membenarkan. tapi ke 6 buku itu harus dipersempit lagi, dimana kita akan menemukan tentang penomoran dari 6 buku itu.

Dong yi mengerti itu memang sulit tapi sudah tidak ada waktu lagi. Shim Yun Taek heran, mengapa tidak ada waktu dan begitu mendesak, apa ada yang terjadi? Dong Yi hanya bisa menghela nafas.

Seo Yong Gi terkejut, apa katamu? Kau membenarkan kalau ini semua adalah tindakan Geumgae? Kau sudah tahu ini dan kau tidak mengatakan apapun padaku? Cha Cheon soo minta maaf pada Seo Yong Gi, ia disini tidak meminta agar masalah ini ditutupi, lagipula sudah tidak bisa disembunyikan lagi.

Cha Cheon soo berkata, Geumgae yang baru harus membayar apa yang sudah mereka lakukan sama seperti mereka yang terlibat dalam pembunuhan berantai waktu itu. Dia berharap Seo Yong gi bisa memberikan mereka waktu untuk menyelesaikan masalah Geumgae. Dong yi juga sudah tahu tentang ini dan tahu kalau sudah tidak bisa ditutupi lagi, dan tengah mencoba menyelesaikan masalah ini.

Cha Cheon soo mohon, Dong Yi sedang mencoba menemukan pelaku kejahatan insiden Shinyu dan tolong Tuan menutup mata anda mengenai masalah ini.

Seo Yong Gi merasa itu akan sulit, karena penyelidikannya ada di bawah otoritas Administrasi hanseong. Jika Jang Mu Yeol menyelidiki masalah ini sebelum kalian selesai dan tahu kalau ini perbuatan Geumgae maka semuanya akan sia-sia.

Jang Mu Yeol berkata pada stafnya kalau ia menerima perintah Sukjong untuk Jang Hee Jae dan partai Namin yang dalam pembuangan untuk dikawal kembali ke Doseong, apa kalian siap? Stafnya siap.

Min mendekati Jang Mu Yeol dan melaporkan insiden di kediaman Sukwon semalam. Jang Mu yeol marah, mengapa baru lapor sekarang, kau seharusnya segera melapor padaku. Min minta maaf karena itu terjadi tengah malam dan ia tidak punya kesempatan lapor. Tapi mengapa masalah sepenting itu justru disembunyikan oleh mereka.

Jang Hee Bin membaca surat Jang Mu Yeol dan berkata ada kejutan yang menyenangkan. Jang mu Yeol menemukan sesuatu yang menarik. Jo Sang gung heran, apa benar terjadi seperti itu, tapi Cha Cheon soo memilih untuk berkata bahwa itu masalah Nae geum Bu dan menutup insiden ini dan yang lebih mengherankan lagi, Nae Geum Bu juga diam saja dan tidak lapor ke istana. Apa yang dilakukan Jang Mu Yeol sekarang?

Jang Mu Yeol memberikan tugas pada stafnya dan ia berkata pada petugas Min, ia ingin melihat mayat penjaga yang dibunuh selama penyerangan di kediaman Dong yi. Cari dimana mayatnya disimpan, di kamar mayat yang mana. Petugas Min mengerti dan pergi.

Jeong Sang Gung pergi ke Nae geum Bu dan menemui Seo Yong gi. Ia ingin tahu kebenarannya, apa yang sebenarnya terjadi dengan Dong yi. Jung Im berkata Dong Yi merahasiakan ini demi keamanan kami tapi paling tidak kami harus tahu apa yang sebenarnya terjadi. Seo Yong Gi diam saja tapi Jeong Sang gung mendesaknya.

Keduanya meninggalkan Nae geum Bu dan heran, Seo yong Gi juga tidak bicara apa-apa mengenai ini. Ini bukan masalah kecil. Jeong Sang gung berkata beberapa waktu lalu Dong yi berkata kalau ia tidak pantas berada di sisi Sukjong dan semua ini pasti ada kaitannya juga dengan menyepinya Dong yi di luar istana.

Jeong Sang Gung lalu berkata jika Dong yi terlibat sesuatu apa yang akan kau lakukan? Apa kau bisa tetap percaya dan teguh mengikuti Dong yi? Jung Im merenung.

Shi Bi dan Eun Geum lapor pada Yoo Sang gung kalau Jeong Sang gung dan Jung Im mencurigai keputusan Dong Yi tinggal di luar istana. Yoo Sang gung mengerti. Shi Bi merasa tidak enak, apa benar kita mengamati mereka, karena Dong yi sudah mengampuni kita, kami tidak ingin mencelakainya.

Yoo Sang Gung berkata kalau mengenai ini, biar dirinya yang mengurusnya, kalian jangan bicara apapun dan lakukan saja pekerjaan kalian seperti biasa. Eun geum masih gelisah tapi Yoo Sang Gung tidak mempedulikan mereka.

Hwang Ju shik dengar dari Yeong Dal kalau Dong yi pergi ke Gibang dan bertemu seorang pria. Yeong Dal minta Hwang Ju shik tidak bicara keras2, Hwang Ju Shik tidak percaya buat apa Dong yi bertemu pria seperti itu.

Yeong Dal membenarkan, ia melihat dengan mata sendiri kalau Cha Cheon soo membawa seorang pria yang terlihat sangat serius dan sangat menakutkan dengan aura yang aneh. Orang itu datang dengan Cha Cheon soo? Hwang Ju Shik menegaskan. Yeong Dal membenarkan.

Hwang Ju Shik merasa ada yang aneh di Bo Gyeong Dang.

Seol hee membelai Haegeum milik Choi Dong Joo dengan penuh kasih sayang dan ia menyusul Hwang ju Shik yang hampir pergi, apa Tuan akan pergi? seol Hee mendekati Hwang Ju Shik dan ia berkata ia ingin minta tolong Hwang Ju shik.

Jang Mu Yeol pergi ke kamar mayat kepolisian dan memeriksa mayat penjaga yang meninggal dibunuh di kediaman Dong yi. Ia memeriksa luka2nya dan menyadari luka itu terlihat familiar. Lalu Jang Mu Yeol ingin melihat mayat Yanban yang dibunuh oleh Geumgae dan menemukan kalau lukanya mirip.

Jang Mu Yeol tahu kalau Geumgae yang menyatroni kediaman Dong Yi. Jang Mu Yeol heran, jika Geumgae ingin membunuh Dong yi mengapa tidak jadi dan pergi begitu saja lalu mengapa Sukwon menyembunyikan masalah ini apa mungkin alasan Sukwon tinggal di kediaman pribadinya karena...

Sukjong gembira saat mendengar akhirnya Dong Yi pulang ke istana. Benarkah? Sukwon sudah pulang ke istana?
Kasim Han membenarkan, benar Yang Mulia, sekarang ada di Bo Gyeong Dang bersama Pangeran Yeong su.

Sukjong senang sekali dan langsung bergegas ke Bo Gyeong Dang. Dong Yi sedang menggendong anaknya dan kelihatan rindu padanya. Bong sang gung masuk dan lapor kalau Baginda tiba. Dong yi heran. Sukjong masuk, Dong Yi?
Dong yi akan bangun untuk menghormat tapi Sukjong berkata sudah duduk saja.

Keduanya jalan bersama malam-malam, Sukjong kelihatan kesal, Kau kembali ke istana tapi tidak langsung menemuiku justru menemui Pangeran Yeong Su dulu. Ini benar2 keterlaluan.

Sukjong : Apa ini? aku sudah disingkirkan.
Dong Yi : Tidak, Yang Mulia, mana mungkin.
Sukjong : Kau berkata itu tidak mungkin tapi kau tidak melapor padaku kalau kau sudah kembali ke istana.
Dong Yi : Ini karena saya takut saya tidak bisa memenuhi janji pada Yang Mulia jadi saya tidak menemui anda.

Sukjong heran, janji apa?
Dong yi: Bukankah saya janji kalau saya kembali ke istana maka saya akan memperlihatkan pada Yang Mulia senyum lebar saya setiap hari pada anda tapi sepertinya, saya tidak bisa melakukannya sekarang.

Sukjong : Benar, jika kau tidak bisa melakukan itu, apa kau akan jauh2 dan tidak akan melihatku sama sekali. Jika kau tidak bisa senyum maka biarkan aku yang membuatmu tersenyum.

Dong Yi tersenyum, Yang Mulia?

Sukjong : Kembalinya kau ke istana paling tidak mengurangi kegelisahan-ku. Ini karena masalah Geumgae yang sudah menimbulkan keresahan di ibukota, jadi aku takut itu akan mencelakaimu yang tinggal di luar istana. Benar2 membuatku gelisah.

Dong Yi : Yang Mulia, apa saya boleh mengajukan pertanyaan?
Sukjong : Apa itu? Tanya saja.
Dong yi merenung, lalu tanya : Apa pandangan Anda mengenai masalah Geumgae di Doseong?

Sukjong : Apa maksudmu? Kau ingin tahu pendapatku mengenai Geumgae..Dong Yi?

Dong Yi : Sekarang mereka terlibat pembunuhan berantai kaum Yanban dan menggoncang negara, ini adalah kejahatan yang serius dan jelas tidak bisa dimaafkan, alasan ini, saya tahu.

Dong Yi : Tapi, kapan atau bagaimana, tolong diingat mengapa golongan Cheonmin bergabung di bawah Geumgae, alasannya karena mereka tidak punya pilihan lain, dan jika mereka tidak melakukannya mereka merasa tidak bisa mempertahankan hidup anggota keluarganya di negara ini.

Sukjong kembali ke Daejeon dan merenung, mengapa Dong yi tiba-tiba membahas masalah Geumgae. Dong yi jalan ke kediamannya dan berbalik memandang Daejeon.

Shim Yun Taek menemui Seo Yong Gi dan berkata ia sudah menyelidiki ke-6 buku dan masih belum tahu arti kombinasi angka 8-5-10-5. Seo Yong gi tanya bagaimana dengan para sarjana yang sangat mengerti klasik, apa pendapat mereka. Shim Yun Taek menjawab, mereka juga tidak tahu.

Dong Yi juga membaca lembaran2 buku di kediamannya, dan hampir putus asa, apa tidak ada jawaban diantara buku2 ini.

Gae Do Ra merenung di persembunyiannya dan anak buahnya masuk, semua sudah siap dan berkumpul, siapa target berikutnya? Cha Cheon soo lari cepat ke gua Geumgae. Semua anggota Geumgae berkumpul dan Cha Cheon Soo mengamati mereka.

Jang Mu Yeol mengumpulkan semua anak buahnya dan memerintahkan pasukannya untuk memusatkan perhatian pada kegiatan Geumgae di Doseong dan untuk menangkap dan mencari mereka. Pasukan Hanseong mulai dikerahkan.

Sementara itu Dong yi masih membaca buku dan Bong Sang Gung berkata kalau Hwang ju shik dari biro musik ingin bertemu. Dong yi tersenyum dan meminta Hwang Ju Shik masuk.

Hwang Ju shik : Yang Mulia?
Dong yi : Selamat datang, masuklah.
Dong yi membuka bungkusan dan ia terkejut melihat haegeum kakaknya, ini...

Hwang Ju shik berkata ia sedang di Gibang dan bertemu Seol Hee, dia meminta saya memberikan haegeum ini pada Yang Mulia. Seol Hee berkata dia berharap haegeum ini akan membawa ketenangan untuk anda.

Dong Yi merasa senang, dan Hwang ju shik bisa merasa ada masalah, Yang Mulia ada apa, anda kelihatan punya masalah? Saya dengar anda sakit, Yang Mulia ada apa? Apa ada yang bisa saya bantu?

Dong yi terharu dengan perhatian Hwang ju Shik yang sudah seperti ayahnya sendiri.

Dong yi memegang haegeum kakaknya dan ia merenung diluar kediaman-nya, lalu melihat ke langit, Ayah, kakak, apa yang harus kulakukan sekarang, aku benar2 tidak percaya diri dan jika terus seperti ini, maka arti isyarat itu tidak akan terungkap dan Geumgae yang jadi kambing hitam tidak akan bisa dipulihkan.

Dong Yi memetik haegeum-nya dan ia menyadari sesuatu, Ia sadar arti gerakan tangan itu, pasti berhubungan dengan notasi musik. Dong Yi melakukan isyarat 8-5-10-5 apa mungkin itu berarti..
Dong Yi dan rombongannya bergegas ke Nae geum Bu menemui Seo Yong Gi dan juga Shim Yun Taek. Keduanya terkejut dengan kunjungan Dong yi, Yang Mulia!

Dong Yi : Ini artinya, artinya adalah sistem numerik notasi musik, 12 notasi musik
Shim Yun Taek : Yang mulia, apa maksud anda?

Xue Qi

Dong Yi mengeluarkan partitur musik Cina. Di buku ini, partai Namin sangat mengerti buku ke-6 Yuk Geol (Musik Klasik), buku ini adalah bagian dari mata pelajaran mereka. Partai Namin sangat menguasai musik.

Seo Yong Gi : Jadi maksud Yang Mulia, ke 12 notasi musik itu menyimpan rahasia bahasa isyarat tangan itu?
Benar, kata Dong yi.
Dong yi menulis notasi musik dan juga kombinasi angka 8-5-10-5

Dong yi :
Notasi musik ke-8 : Im Jung
Notasi musik ke-5 : Gu Seon
Notasi musik ke-10: Nam Ryeo
Notasi musik ke-5 : Gu Seon lagi

Tentu saja kalau melihat sekilas tidak ada artinya, tapi jika diantara 2 not kombinasi Im Jung dan Nam Ryeo, karakter pertama Im Jung dan Nam ryeo lalu mengulang not ke-5 maka kita akan menemukan...

Seo yong Gi : Im Gu Nam Seon, apa artinya Im Gu Nam Seon

Dong Yi : Karakter Seon berarti Pejabat. Karakter terakhir Nam seon mengacu pada pejabat partai Namin. Lalu karakter pertama Im Gu bisa berarti julukan atau panggilan seseorang.

Shim Yun Taek : Ini tepat sekali, bukankah aku berkata insiden Shinyu bisa berarti ada konflik internal partai Namin? maka Im Gu mengacu pada ..

Oh Tae seok merenung di ruangannya.

Dong yi : Ya, kau benar, Im Gu adalah panggilan untuk mantan Chua Sang Dae Gam Oh Tae seok, ini berarti Yeong Gam, inilah yang ingin dikatakan oleh mendiang Jang Ik Heon selama ini padaku kalau isyarat tangan itu bisa berarti perbuatan Oh Tae Seok.

Shim Yun Taek : Dae Gam..apakah ini perbuatan-nya?


source : http://kadorama-recaps.blogspot.com/2010/08/dong-yi-episode-41.html

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...