Minggu, 10 Juli 2011

Cara Memasang Favicon di Blogspot

Cara Memasang Favicon di Blogspot ternyata mudah alias ga susah. Dalam hal ini, kita tidak perlu membuat favicon, tetapi hanya melakukan cara mudah mengambil/memasang favicon di blog sehingga gambar faviconnya tidak menjadi gambar favicon standar blogger seperti gambar favicon di bawah.

Beberapa blog lain yang kutemui menjelaskan tentang membuat dan memasang favicon di blog dengan menempatkan icon tersebut lebih dahulu di hostingan sendiri maupun gratisan. Capeee deeh.

Aku cuma mo njelasin tentang mengambil favicon yang udah ada di hostingan website penyedia favicon (http://www.iconarchive.com/) lalu memasangnya di blog sendiri. Tentang kode html-nya seeeh sama aja dan udah dijelaskan di semua blog lainnya :
<link href="alamat-file-favicon" rel="shortcut icon">

Jika tidak jalan, coba ganti tanda kutip 2 (") dengan tanda kutip 1 (')

Oia... baru dapat sms dari temen yang nanya favicon tuh apaan?
FAVICON adalah

Jawaban singkat :
itu lho gambar yang ada di samping address bar dan tab.
Liat punyaku dengan gambar icon nyengir kuda.
Padahal kuda aja jarang nyengir.

Jawaban panjang :
A favicon (short for favorites icon), also known as a website icon, shortcut icon, URL icon, or bookmark icon is a 16×16, 32×32 or 64×64 pixel square icon associated with a particular website or webpage. A web designer can create such an icon and install it into a website (or webpage) by several means, and most graphical web browsers will then make use of it. Browsers that provide favicon support typically display a page's favicon in the browser's address bar and next to the page's name in a list of bookmarks. Browsers that support a tabbed document interface typically show a page's favicon next to the page's title on the tab. Some programs allow the user to select an icon of his own from the hard drive and associate it with a website.
(gambar dan keterangan dari mas wikipedia : terjemahin sendiri ya........)


Cara Memasang Favicon di Blogspot
  1. Masuk ke http://www.iconarchive.com/
  2. pilih kategori yang ada di kolom kiri (bisa juga yang di tengah), aku memilih kategori "Avatar Icon"
  3. Pilih jenis icon, aku memilih "Popo Emoticons"
  4. klik kanan pada tulisan Download.ico (win)
  5. pilih/klik "Copy Link Location" ini akan mengkopi alamat url file icon-nya. Oooopppsss ini pake Firefox, kalo IE, opera, saari gataulah
  6. jangan klik kiri pada tulisan Download.ico (win), ntar jadinya ngedonlot
    misalnya :
    http://www.iconarchive.com/download/icons-land/vista-style-emoticons/Laugh.ico





Pastekan alamat tersebut di blog :
masuk ke Tata Letak
lalu Edit html

Pastekan di bawah <head>
Aku menempatkan di bawah <head> tepat di atas <b:skin><![CDATA[/* dengan merangkum dengan kode pemasangan favicon di atas sehingga menjadi seperti :

<link href='http://www.iconarchive.com/download/icons-land/vista-style-emoticons/Laugh.ico' rel='shortcut icon'/>

<b:skin><![CDATA[/*


Kalo mau lebih gampang lagi, ya udah... kopi aja kode html punya ku itu.
Beres dah

Kalo ga jelas, coba baca postingan ini di bawah lampu terang.
Semoga menjadi lebih jelas.


UPDATE :

Jika takut berat ngebuka blog, bisa saja server http://www.iconarchive.com lagi ngadat, maka pasang aja kode favicon tepat di atas </head> sehingga menjadi (aku lebih menyarankan cara yang ini) :

<link href='http://www.iconarchive.com/download/icons-land/vista-style-emoticons/Laugh.ico' rel='shortcut icon'/>

</head>


Credit toAttayaya

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...