Rabu, 25 Mei 2011

Gaya Punggung ( Back Crawl Stroke )

hmmmmm..... Gaya Punggung ( Back Crawl Stroke ) merupakan gaya yang paling berbeda dengan gaya-gaya yang lainnya karena kita  berenang dengan posisi wajah menghadap ke atas, sehingga kita tidak bisa melihat ke depan. Menurut saya cara yang paling tepat ketika melakukan gaya punggung adalah dengan menghitung berapa banyak gerakan (kayuhan) yang kita lakukan, sehingga kita bisa tahu atau setidaknya bisa mengira-ngiralah sudah seberapa jauh kita berenang dan seberapa dekat kita sampai ke ujung kolam.
Untuk mencobanya, cobalah berenang dengan posisi tubuh hampir seperti saat kita berbaring telentang di tempat tidur dengan kepala di atas bantal. 

Langkah Pertama
Yang perlu diperhatikan adalah menjaga tubuh agar dapat berenang dalam garis lurus (jadi g'menceng). Cukup sulit memang, untuk itu salah satu caranya adalah dengan menendangkan (menggerakkan) kaki naik turun dengan cepat dan panjang. Jaga lutut dan *membungkuk di bawah air sedikit, dan jari kaki membuat percikan (splash) kecil saat menendang.
Nb. * : membungkuk disini berarti posisi badan sedikit condong ke atas permuka'an karena gaya punggung berenang menghadap permukaan air.


Langkah ke Dua 
Dalam melakukan gerakan mengayuh, lengan membuat gerakan melingkar ketika bergerak masuk dan keluar dari air.
Gerakan dimulai dengan meletakkan satu lengan ke air dalam garis lurus di atas bahu. 

Setelah tangan berada dalam air lalu *tekan ke bawah.
Nb. * : Tekan ke bawah maksudnya bukan ke bawah punggung kita, melainkan ke arah kaki atau paha.

Tekuk siku sedikit dan tarik tangan ke sisi kita lalu ke paha.
Terus dorong tangan kearah kaki hingga siku kita lurus.
Kemudian angkat keluar dari air, jaga lengan agar tetap lurus ketika keluar dari air.

Catatan :
Lengan kiri dan kanan melakukan gerakan (kayuhan) yang sama, tapi tidak pada waktu yang sama (bergantian).

Kembali ke posisi semula lalu ulangi semua gerakan mulai dari awal lagi.





Pengambilan Nafas :
Dengan gaya punggung, tidak akan ada masalah / kesulitan dalam pengambilan nafas karena posisi wajah kita berada di atas air.

Tips :
  1. Posisi kaki jangan terlalu di permukaan air, melainkan agak masuk ke dalam air (hal ini selain akan membantu kecepatan juga memudahkan kepala tetap berada di atas) 
  2. Kaki terus bergerak, usahakan jangan berhenti (hal ini agar arah renang kita tidak melenceng / berbelok).
  3. Telapak kaki agak diluruskan sedemikian rupa sehingga menjadi lurus / sejajar dengan tulang kaki.
  4. Posisi kedua kaki berdekatan satu dengan yang lainnya.
  5. Dagu agak didekatkan ke dada, hal ini akan membantu meningkatkan kecepatan ketika berenang. 
  6. Gerakan tangan ketika masuk ke dalam air, maka sisi telapak tangan yang masuk ke dalam air terlebih dulu bukan punggung tangan. (katanya sih untuk memperkecil tahanan dari air).
Ok, sampe disini postingan Gaya Punggung. K'lo ade saleh2 instruksi ma'afin ye.... 
Namanye jg "Berbagi Ketidaktahuan".....
k'lo ada yg ngeganjel di coment aje ye...  (sok betawi bgt...) hehe

   Bye - bye......


source : http://umarhadiwahyu.blogspot.com/2010/12/gaya-punggung.html

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...